PDP_News

16 Oktober 2019 Sertijab dan Sertilat Batalyon PDP-UHT

Sertijab Tambur Mayor Taruna PDP UHT bisa menjadi Daya Tarik Edu Wisata Maritim Surabaya www.hangtuah.ac.id

Parade Surya Senja merupakan sebuah simbol satu tradisi upacara dari pelaut, dimana tata pelaksanaan acaranya kali ini dilakukan oleh lembaga pendidikan Taruna Kemaritiman dari Program Diploma Pelayaran (PDP) Universitas Hang Tuah (UHT) Keputih, Surabaya.

 

Dalam pelaksanaan kegiatan, PDP telah menempatkan secara khusus upacara ceremonial nya di lokasi lapangan Batalyon Korps Taruna halaman Gedung Pulau Manterawu PDP, pada sore hari tepat saat matahari senja mulai tenggelam di ufuk arah sebelah barat, Selasa, 15 Oktober 2019.

Dalam Pidato amanat Inspektur Upacara, Direktur PDP Djamaluddin Malik, SE., M.AP., ANT-II selaku mewakili Rektor UHT Dr.Ir. Sudirman, S.IP.,SE.,M.AP., MH. di hadapan seluruh peserta upacara dan tamu undangan yang hadir: “Serah terima jabatan di lingkungan Korps Taruna, adalah merupakan sebuah cerminan tradisi pembelajaran cara memimpin dalam sebuah organisasi serta pembelajaran dalan menerima sebuah amanah dan merupakan satu wadah pembentukan karakter pribadi yang tidak jauh dari sebuah nilai Tanggap (Unggul dalam ilmu pengetahuan dan ketrampilan dalam ber akademik), Tanggon (Unggul dalam sikap, perilaku dan kepribadian) dan Trengginas (Unggul dalam samapta, Fisik, ketaatan dalam peraturan dan kedisiplinan)”.

 

“Tradisi serah terima Jabatan staf Batalyon dan serah terima alat Drum Korps Jala Sena PDP merupakan satu kebanggaan dan kehormatan tersendiri bagi Korps Taruna PDP, tradisi yang baik ini patut di pertahankan di kembangkan dan di teruskan dari generasi senior kepada generasi yunior, tentunya dengan satu tujuan, agar Taruna bisa menumbuh kembangkan rasa kesoliditasan jiwa Korsa pengawak alat, dan tetap bisa menjaga nama harum dari Drum Corps Jala sena PDP sendiri”.

 

Acara Upacara Parade Surya Senja Korps Taruna PDP diakhiri dengan Demo atraksi Tarian massal yang diikuti 250 (Dua Ratus Lima Puluh) Taruna dan Taruni angkatan 31 dan 32 PDP UHT, mereka bergoyang bersama tarian Maumere, Tari Kecak dan Manuk Dadali serta Demonstrasi Display Drum Korps Jala Sena di hadapan hadirin undangan dan masyarakat yang hadir.

ks.humas@uht.

 


17 September 2019 | Pelatihan Kewirausahaan & Pembekalan Masuk Dunia Kerja

EQWIP HUBs bekerjasama dengan Dinas Sosial adalah jaringan global yang membuka ruang inovasi yang menghubungkan dan mengubah lintasan ekonomi kaum muda melalui keterampilan kerja yang digerakkan oleh pasar dan inkubator kewirausahaan, program responsif gender, mentorship, jaringan, dan hibah untuk pengusaha baru.

Pelatihan Kewirausahaan & Pembekalan Masuk Dunia Kerja di buka oleh Direktur PDP Bapak Djamaludin Malik, ANT-II.,SE.,M.AP. Bapak Djamal panggilan akrab Direktur PDP menekankan agar Taruna/i PDP pada umumnya dan Taruna/i Program Studi Manajemen Pelabuhan (KPN) pada khususnya dapat menyerap ilmu dari Pelatihan ini, karena Materi Kewirausahaan adalah Penting dan sangat berguna. Di harapkan PDP melalui Universitas Hang Tuah nantinya dapat melakukan Mou dengan Eqwip Hubs sehingga Peserta Didik – Taruna/i dapat mengetahui wawasan di Dunia Kerja sebagai bentuk Informasi Terkini dalam persaingan Global.

 

acara tersebut digelar selama 2 hari tanggal 17-18 September 2019

 


05 September 2019 | Pelatihan Prosedur Pemasaran Ekspor

Dalam rangka menambah Skill dan Kompetensi Taruna/i Program Diploma Pelayaran (PDP) Program Studi Manajemen Pelabuhan (KPN), Universitas Hang Tuah Surabaya bekerjasama dengan Direktorat Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional (DJPN) mengadakan Kegiatan Pelatihan Prosedur dan Pemasaran Ekspor.

 

Pelatihan tersebut diikuti oleh 36 calon Perwira Muda yang akan di Wisuda akhir September mendatang, kegiatan ini bertujuan untuk membekali mereka saat akan terjun ke dunia kerja agar mempunyai ketrampilan ekstra dan sebagai bentuk Survive dalam persaingan dunia kerja, serta sebagai penunjang Nilai Kredit Point Mahasiswa.

Kegiatan Pelatihan Prosedur dan Pemasaran Ekspor dilaksanakan selama 3 hari dari tanggal 3 sampai dengan 5 September yang dimulai pukul 08.30 sampai dengan 17.00. Nara Sumber pada hari pertama adalah Bapak Antoni Tampubolon, SE. beliau adalah seorang Praktisi dan menjabat sebagai Direktur PT. Sahabat Utama Indonesia, selain itu beliau juga seorang Pengajar di Perguruan Tinggi di Jakarta.

 

Di hari kedua menghadirkan Nara Sumber Ibu Laily Suharlina Mahalli Seorang Praktisi dan Owner CV. Kokulayana, Handicraft Exporter, kesibukan yang lain Beliau adalah sebagai Pengajar di Perguruan Tinggi dan sebagai Pengembangan Produk Ekspor di Balai Pendidikan dan Pelatihan Ekspor Indonesia.

Sedangkan pada hari ketiga menghadirkan Nara Sumber  dari Balai Pendidikan dan Pelatihan Ekspor Indonesia Ibu Rahayu Widyantini, beliau juga seorang Praktisi di beberapa Perusahaan di Jakarta.


28 Agustus 2019 | Pengabdian Masyarakat Program Diploma Pelayaran

Dalam mewujudkan Tri Dharma Perguruan Tinggi Program Diploma Pelayaran Universitas Hang Tuah Surabaya (PDP-UHT) telah melaksanakan Kegiatan Pengabdian Masyarakat Mahasiswa  (PENMAS Mahasiswa) PDP-UHT di daerah Pesisir Pantai Utara Pulau Madura yaitu di Desa Gebang Kecamatan Gebang Kabupaten Bangkalan pada tanggal 28 Agustus 2019.

 

 

 

 

Kegiatan PENMAS Mahasiswa PDP-UHT yang diselenggarakan oleh Mahasiswa PDP Korps Studi Nautika (Nautika), Permesinan Kapal (Teknika) dan Menajemen Pelabuhan (KPN) dari Taruna/i Tingkat I Angkatan 2018 Tingkat II Angkatan 2017 ini adalah agenda tahunan Program Kerja Batalyon Taruna PDP-UHT. Pada tahun ini Batalyon Taruna menerapkan Konsep yang berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, dimana dalam penyebutan nama di tahun yang lalu adalah Bhakti Sosial Mahasiswa PDP-UHT yang pelaksanaannya memakan waktu 3 hari dengan membuatan sarana fisik umum di desa terpencil sekitar Jawa Timur namun di tahun ini berubah menjadi Pengabdian Masyarakat (PENMAS) Mahasiswa PDP-UHT kemudian Konsep yang baru saat ini adalah para Mahasiswa di dampingi langsung oleh para Dosen Perwakilan dari Prodi Studi Nautika, Permesinan Kapal dan Manajemen Pelabuhan (KPN).

 

Kegiatan PENMAS ini di bagi menjadi tiga (3) Sesi yang berlangsung bersamaan dan di tempat yang berbeda. Prodi Nautika di Lokasi Balai Desa Gebang – Bangkalan yang diikuti oleh 20 orang peserta dari nelayan setempat memberikan sosialisasi Peran Masyarakat dalam bidang Maritim yang dipaparkan oleh Taruna/i Koprs Studi Nautika di dampingi Dosen sebagai Nara Sumber. Prodi Permesinan Kapal (Teknika) di Lokasi Pantai Desa Gebang Bangkalan melaksanakan kegiatan Pengelasan membuat Jangkar yang diikuti oleh 26  nelayan setempat, Pelatihan tersebut di bimbing oleh Instruktur dan Dosen Pendamping. Prodi Manajemen (KPN) memberikan Sosialisasi kepada Siswa kelas 12 SMAN 4 Gebang tentang Peran Pemuda-Pemudi dalam Bidang Maritim di Aula SMAN 4 Gebang Bangkalan yang dipaparkan oleh Taruna PDP yang didampingi oleh Dosen sebagai nara sumber dan perwakilan Guru SMAN 4 Gebang, kegiatan tersebut disambut sangat antusias para siswa-siswi karena perolehan Calon Taruna/I PDP-UHT terbanyak adalah di pulau Madura.

 

PENMAS Mahasiswa di Desa Gebang Bangkalan turut di hadiri Direktur PDP-UHT Bapak Djamaludin Malik, ANT-II.,SE.,M.AP. , Wakil Direktur I, II dan III serta Ka. Prodi Studi Nautika, Permesinan Kapal dan Manajemen Pelabuhan , Aparat Desa Gebang Bangkalan yaitu Kepala Desa Gebang beserta Staff. Acara PENMAS Mahasiswa ditutup dengan penyerahan Life Jacket sebanyak 20 buah dan 1 Set Mesin Las kepada nelayan di desa gebang bangkalan.

 

 


13-14 Agustus 2019 | Sarasehan Dosen dan Workshop RPS PDP-UHT

 

 

 

 

 

 

 

 

Alhamdulillah akhirnya Sarasehan Dosen dan Workshop RPS Program Diploma Pelayaran – Universitas Hang Tuah ( PDP-UHT) dapat dilaksanakan setelah sekian lama tertunda, Kegiatan ini dilaksanakan selama dua hari satu malam yaitu pada tanggal 13 – 14 Agustus 2019 di Puncak Ayanna Hotel & Resort. Acara tersebut dibuka oleh Direktur PDP-UHT Djamaludin Malik, ANT-II.,SE.,M.AP. , yang didampingi oleh Wakil Direktur I, II dan III, sementara Peserta Sarasehan dan Workshop adalah Dosen Tetap dari 3 Prodi PDP-UHT yaitu Prodi Studi Nautika, Prodi Permesinan Kapal dan Prodi Manajemen Pelabuhan, Ka. Tata Usaha dan Staf PDP-UHT.

 

Semangat para Dosen Program Diploma Pelayaran – Universitas Hang Tuah Surabaya seakan tak kunjung padam, bagaimana tidak dalam waktu dua hari satu malam mereka dituntut bisa menyelesaikan pembuatan Rancangan Pendidikan Semester (RPS) dengan waktu terbatas. Hehehe…tidak sedramatisir itulah tentunya RPS memang sudah disiapkan jauh-jauh hari sebelum Acara Workshop, jadi disaat Workshop dimulai tinggal finishing saja.

 

 


08 Agustus 2019 | Kuliah Tamu-Kuliah Pakar dan Seminar Mahasiswa PDP-UHT

Kuliah Tamu Program Diploma Pelayaran – Universitas Hang Tuah Surabaya (PDP-UHT) pada hari Kamis, 08 Agustus 2019 dengan Nara Sumber Capt. Rudiana, Beliau adalah Ketua Umum Dewan Penguji Keahlian Pelaut. Adalah peluang yang langka yang dimiliki oleh PDP-UHT karena pada kesempatan kali ini dapat menghadirkan Capt. Rudiana sebagai Pembicara yang tentunya sangat ditungu-tunggu untuk dapat memberikan Pembekalan dan menimba Ilmu dari Beliau walaupun dengan waktu yang singkat. Namun Taruna-taruni PDP-UHT sangat antusias dan menyimak dengan seksama apa yang disampaikan.

 

Pada sesi ke-Dua adalah Kuliah Pakar yang disampaikan oleh Bapak Hidayat ANT-II., SE. Beliau adalah salah satu Founder dan Owner of Freight Forwading and Shipping Company sekaligus sebagai Dosen pada Perguruan Tinggi Pelayaran, Beliau menyampaikan Peluang Karir calon Lulusan Studi Nautika, Permesinan Kapal dan Manajemen Pelabuhan saat mereka usai menyelesaikan Studi D3 dan Pelaut.

 

Pada Sesi ke-Tiga adalah Kegiatan Seminar Mahasiswa yang menampilkan 3 Pemakalah masing -masing adalah perwakilan dari Taruna-taruni lulusan terbaik diantaranya adalah : Farid Heraspati dari Prodi Studi Nautika, Fadli dari Prodi Permesinan Kapal dan Fitri Wijayanti dari Prodi Manajemen Pelabuhan. Mereka bertiga memaparkan dari Hasil Karya Tugas Akhir kepada para Junior Taruna-taruni PDP-UHT.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *