You are here:

Program Diploma Pelayaran Universitas Hangtuah Surabaya

Sejarah

E-mail Print PDF

 Simple, Free Image and File Hosting at MediaFire

S – EJA RAH  

PROGRAM DIPLOMA PELAYARAN
UNIVERSITAS HANG TUAH

 

Simple, Free Image and File Hosting at MediaFire

 Logo Program Diploma Pelayaran

FAKULTAS TEKNOLOGI KELAUTAN (1987 – 2001)

Program Diploma Kelautan/Kemaritiman (Maritime Education and Training Program), dulu bernama Fakultas Teknologi Kelautan yang merupakan salah satu dari 6 fakultas yang ada lingkungan Universitas Hang Tuah Surabaya. Didirikan pada tanggal 12 Mei 1987 bersamaan dengan berdirinya Universitas Hang Tuah, berdasarkan Keputusan Mendikbud RI. No. 0828/0-1987.

Fakultas Teknologi Kelautan mempunyai 3 jurusan/Program Studi :
  1. Jurusan Oseanografi (Jenjang S-1)
  2. Jurusan Nautika (Jenjang D-3)
  3. Jurusan Teknika (Jenjang D-3)

Khusus jurusan Nautika dan Teknika selain menempuh ujian D-3 juga menempuh Ujian Negara dari Kopertis yang diadakan oleh Departemen Perhubungan Laut pada waktu itu, dan bagi yang lulus diberikan Ijazah :
  • Mualim Pelayaran Besar – III (MPB-III) untuk Jurusan Nautika (1987 – 1997)
  • Ahli Mesin Kapal – A (AMK-A) untuk Jurusan Teknika (1987 – 1997)

Pada Angkatan –I tahun 1987 selain mahasiswa dari lulusan SLTA, Fakultas Teknologi Kelautan menerima mahasiswa limpahan dari Taruna Akademi Kemaritiman Surabaya –I (AKS-I) dan (AKS-II), Jurusan Nautika (Jenjang D-3) dan Jurusan Teknika (Jenjang D-3), Status diakui berdasarkan Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor : 391/Dikti/Kep/1992 tanggal 19 Agustus 1992.
 

 

Program Diploma Kelautan/Kemaritiman (PDK/K)  (2002)

Pada tahun 2002 dibentuk Program Diploma Kelautan/Kemaritiman terpisah dari Fakultas Teknologi Kelautan berdasarkan Skep. Nomor: Skep/32/VIII/2002 tentang Penataan Kembali dan Pembentukkan Program Studi pada Fakultas-fakultas dan Program Diploma Universitas Hang Tuah Surabaya.
Sinergi Program Studi Oceanografi dari Fakultas Teknologi Kelautan dengan Program-program Studi Pemanfaatan Sumber Daya Perikanan, Budidaya Perairan dan Teknologi Hasil Perikanan dari Fakultas Perikanan dalam satu Fakultas dengan nama Fakultas Teknologi Kelautan dan Perikanan disingkat FTKP.

Maka Program Diploma Kelautan/Kemaritiman memiliki jurusan :
  1. Jurusan Nautika (jenjang D-3) yang menghasilkan lulusan A.Md. dan Ahli NautikaTingkat – III (jenjang Profesi Pelaut) setelah mengikuti ujian Kepelautan di Semarang
  2. Jurusan Teknika (jenjang D-3) yang menghasilkan lulusan A.Md. dan Ahli NautikaTingkat – III (jenjang Profesi Pelaut) setelah mengikuti ujian Kepelautan di Semarang.

Pada T.A. 2005/2006 PDK/K telah menambah 1 jurusan lagi yaitu :
Jurusan Ketatalaksanaan Pelayaran Niaga (jenjang D-3) yang menghasilkan lulusan A.Md.

Pada tahun 2010   " Program Diploma Kelautan/Kemaritiman " berganti nama menjadi "Program Diploma Pelayaran "  yang sampai dengan saat ini masih terus berkiprah dalam Pendidikan Kepelautan dan Kemaritiman dan ikut berperan aktif dalam memajukan dan mencerdaskan Sumber Daya Manusia Indonesia agar dapat bersaing di tingkat Nasional dan Interasional.
 
Last Updated ( Tuesday, 04 July 2017 09:05 )